Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sukses selenggarakan Kongres V Ikatan Sarjana Manajemen dan Administrasi Pendidikan Indonesia (ISMAPI). Kegiatan tersebut digelar di  UNG pada  Rabu-Jumat (14-16/09/2022). Tak hanya dihadiri oleh Pengurus ISMAPI Pusat, kegiatan ini juga dihadiri oleh delegasi dari Perguruan Tinggi (PT) se-Indonesia.

Secara aklamasi, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal , M.Pd yang merupakan Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM) dalam bidang Manajemen Pendidikan Dasar telah terpilih sebagai Ketua Umum ISMAPI Pusat Periode 2022-2026. 

“Dengan komitmen, saya bersedia menjadi ketua umum selama 1 periode.” tegasnya.

Dengan terpilihnya Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd. sebagai ketua umum ISMAPI Pusat Periode 2022-2026, ia memiliki 4 program kerja utama, yaitu: menggalakan pendataan alumni Manajemen dan Administrasi Pendidikan untuk bergabung bersama ISMAPI, pembentukan pengurus-pengurus wilayah, memperkokoh profesi Manajer Pendidikan dan melahirkan aturan-aturan tentang profesi di pemerintah, serta menciptakan dan mengembangkan lembaga-lembaga sertifikasi untuk profesi Manajemen pendidikan. 

Selama satu periode kedepan, ISMAPI akan fokus pada pembentukan pengurus-pengurus wilayah. Hal tersebut dikarenakan hingga saat ini masih banyak provinsi di Indonesia yang belum menetapkan kepengurusan wilayah. Hanya puluhan provinsi yang sudah memiliki kepengurusan wilayah. 


“Selama 4 tahun kedepan akan kita garap. Misalnya tahun ini UNDIKSHA akan memprakarsai pembentukan kepengurusan ISMAPI wilayah Bali. Akan tetapi pelantikannya dilaksanakan tahun depan. Begitu pula dengan provinsi lain. Akan kita gerakkan mereka agar mereka memiliki kepengurusan. Karena lulusan AP, MP, MPI tersebar di seluruh penjuru  negeri.” jelas Prof. Dr. Ibrahim Bafadal 

Dirinya juga menerangkan bahwa masih ada program kerja lain yang akan dibentuk. 

“Selain itu, Website, penelitian dan pengembangan, publikasi ilmiah juga akan menjadi garapan kami” jelasnya. “Hal terpenting adalah dukungan dari seluruh sarjana, baik itu sarjana MP, AP, maupun MPI, baik S1, S2, maupun S3.”

Dalam Kongres V ISMAPI ini telah terbentuk 3 pengurus, yaitu: Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M. Pd sebagai Dewan Pakar, Prof. Burhanuddin. M. Ed, Ph.D sebagai Dewan Pakar, dan Prof. Dr. Maisyaroh, M Pd sebagai Ketua Harian 2.

Selain itu, pada Kongres V ISMAPI juga telah menghasilkan tim formatur yang terdiri dari 5 orang, yaitu: Prof. Dr. Ibrahim Bafadal , M.Pd (Ketua Umum ISMAPI Pusat Periode 2022-2026), Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd (Ketua ISMAPI demisioner), Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd (Dekan FIP UNP), Dr. Arwildayanto, S.Pd., M.Pd (Dekan FIP UNG), dan Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung, M.Pd (UNDIKSHA) 

Pewarta: Mega Tri Utami – Internship Humas UM